Pengalaman daftar BPJS Kesehatan individu

Bismillah, Selasa, 23 Februari 2016

Pagi itu saya pergi ke kantor BPJS Kesehatan bandung di Jl. Pelajar Pejuang. Sekedar informasi, walaupun KTP saya terdaftar sebagai warga kabupaten Bandung, tapi saya tetap bisa mendaftar di kantor BPJS dimana saja, dan kebetulan saya memilih Kantor BPJS Kesehatan Jl. Pelajar Pejuang karena tempat tinggal saya tidak terlalu jauh dari lokasi kantor BPJS.

Untuk daftar peserta BPJS Kesehatan individu, syarat-sarat yang wajib dibawa adalah(Fotokopian saja, kecuali foto.):

  • Kartu Keluarga (fotokopi)
  • KTP (untuk yang sudah punya KTP)
  • Surat Keterangan Nikah/Buku Nikah (Bila sudah berkeluarga)
  • Foto berwarna 3×4 (Kalau bayi tidak harus)
  • Fotokopi buku tabungan.

Sesampainya di lokasi, tepat di depan pintu masuk terdapat dua antrian, yang pertama antrian cek kelengkapan dokumen, yang kedua antrian verifikasi dokumen. Jika sudah yakin dokumen kita benar dan lengkap, kita bisa langsung antri di antrian verifikasi dokumen. Semua antrian dilakukan manual tanpa nomor antrian. untuk antrian verifikasi dokumen lumayan lama sekitar 2 jam(panjang antrian sekitar 50 orang).  Sebetulnya bisa dikira-kira aja, kalo ada 50 orang dan setiap orang perlu waktu 3 menit untuk verifikasi, jadi bisa memakan waktu 150 menit.

Setelah proses verifikasi dokumen dilakukan, kita masih harus ke antrian berikutnya yaitu antrian input data keanggotaan BPJS. Untuk antrian kali ini kita dikasi nomor antrian. Ketika giliran no antrian kita yang dipanggil, kita kembali menyerahkan dokumen yang sudah diverifikasi tadi kepada petugas dan mereka mulai melakukan input data. Setelah selesai input data kita telah resmi menjadi anggota BPJS dan diberikan bukti daftar dan virtual account. Meskipun telah resmi jadi anggota BPJS, tapi keanggotaan kita belum aktif. Perlu waktu dua minggu untuk mengaktifkan keanggotaan kita dan kita diharuskan membayar setelah dua minggu mendaftar. Jadi perlu diingat bahwa ketika mendaftar bpjs, kita tidak perlu membayar biaya apapun. Kita hanya diharuskan membayar setelah dua minggu kemudian untuk mengaktifkan keanggotaan sekaligus untuk mengambil kartu peserta BPJS Kesehatan.

Mungkin itu saja pengalaman saya dalam proses pendaftaran keanggotaan BPJS. Untuk proses pengambilan Kartu BPJS saya akan bahas di post selanjutnya.

This entry was posted in Pengalaman, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *