Listrik rumah padam karena Meteran Listrik atau KWH listrik rusak, jebol tersambar petir

Bismillah,

Ujungberung, Bandung, 7 Juni 2016, Sebahagian wilayah kota bandung dilanda hujan yang sangat deras. Untuk wilayah saya, hujan sudah mulai turun dari sekitar pukul 5 sore. Kasian juga yang jualan takjil di pinggir jalan komplek karena sudah beberapa hari ini setiap sore selalu hujan deras.

Hujan deras disertai kilatan halilintar atau petir terjadi namun intensitas petir tidak begitu sering. Sekitar setengah sembilan malam terdengar satu petir yang sangat kuat dengan kilat yang menyambar. Tidak jelas kilat tadi menyambar ke rumah atau ke tiang BTS telpon seluler(kebetulan radius 50 meter dari perumahan ada satu BTS baru). Seketika setelah petir itu listrik di rumah saya padam. Saya dan istri menduga-duga kemungkinan padam karena rumah tersambar petir. Saya coba naikkan saklar di meteran listrik dan MCB (Miniature Circuit Breaker), tapi terasa berat. Saya lihat Meteran listrik masih menyala lampu indikatornya dan masih memaparkan sisa pulsa listrik. Alhamdulillah Meteran tidak jebol karena petir.

Untuk menyalakan saklar yang ada di meteran dan MCB, Jika selalu trip dan terasa berat hal yang pertama perlu dilakukan ialah cabut semua peralatan listrik yang masih terhubung, matikan semua lampu/off kan semua stop kontak. Intinya jagngan ada peralatan listrik yang menyala. Setelah itu naikan lagi saklar yang ada di Meteran dan MCB ke posisi ON atau nyala. Saya sendiri berhasil menggunakan trik ini.

Jika kita sudah memadampkan semua peralatan listrik di rumah tapi Meteran dan MCB masih berat untuk OFF sebaiknya jangan dipaksakan. itu berarti MCB kita bekerja dengan baik dan mendeteksi ada nya korslet atau short circuit di instalasi rumah kita. Hal yang perlu kita lakukan adalah menghubungi PLN di no 123.

Beberapa rumah di komplek sama mengalami kejadian yang sama seperti rumah saya, dan berhasil menyalakan listrik kembali dengan mengubah posisi saklar pada meteran dan MCB ke posisi ON. Akan tetapi ada tetangga saya yang ternyata Meteran Listrik atau KWH nya jebol dan rusak.

Hal yang perlu dilakukan jika Meteran/KWH listrik mati total tidak lain dan tidak bukan adalah segera menghubung Kontak PLN di No 123, Alhamdulillah menurut pengakuan tetangga saya pihak PLN melakukan follow up saat itu juga. PLN dihubungi sekitar pukul 9 malam dan datang ke lokasi untuk mengganti Meteran pukul 1 malam dinihari. Menurut saya sih itu masih batas toleransi karena malam itu juga malam ramadhan dan kemungkinan juga pihak PLN tidak mengurus 1 kasus saja untuk malam itu. Kali ini saya salut dengan PLN khususnya wilayah saya yang cepat tanggap.

Pihak PLN tengah melakukan penggantian Meteran listrik yang rusak/jebol

Pihak PLN tengah melakukan penggantian Meteran listrik yang rusak/jebol

Mungkin segitu dulu informasinya. Untuk masalah biaya penggantian, apakah ada perubahan untuk no meter, nanti akan saya update setelah mendapat informasi detil dari tetangga saya..hehehe.

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Pengalaman, Useful Information. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *